04 Februari 2023 46 dilihat

Urus Paspor Makin Mudah, Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Akan Dibangun di Pohuwato

Image

DISKOMINFO-ST – Bagi warga pohuwato yang akan mengurus pelayanan paspor dan juga pelayanan perizinan bagi orang asing tidak perlu lagi ke Kota Gorontalo, karena di pohuwato nantinya akan dibangun unit kerja keimigrasian (UKK) oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo. Rencana itu sebagaimana hasil audensi oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Andry Indrady bersama Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga di ruang kerja bupati, Kamis, (02/02/2023). 

 

Dihadapan Bupati Saipul dan Sekda Iskandar Datau, Andry Indrady mengungkapkan bahwa hari ini jajaran Devisi Imigrasi Kantor Kementrian Hukum dan HAM Gorontalo berkunjung ke pohuwato dalam rangka memberikan dukungan imigrasi kepada pemda pohuwato. 

 

Bentuk dukungannya sesuai arahan Presiden RI dan juga Menteri Hukum dan HAM serta Dirjen Imigrasi bahwa imigrasi harus mendukung program investasi yang ada di daerah. 

Nah, bentuknya seperti apa?, peran imigrasi dalam hal ini adalah dalam hal pemberian perizinan baik itu pemberian pelayanan paspor dan juga pelayanan perizinan bagi orang asing. 

 

“Kami melihat potensi di pohuwato ini luar biasa. Pertama dari aspek layanan paspor, kami lihat trend kenaikan jumlah pengurus paspor terutama untuk umrah. Kedua, kami juga melihat disini banyak sekali perusahaan asing yang mempekerjakan tenaga kerja asing. Sehingganya kami menawarkan kepada bupati untuk mendirikan UKK yang nantinya akan menjadi kantor imigrasi perpanjangan dari kantor imigrasi di gorontalo. Supaya masyarakat yang memohon paspor dan juga orang asing memberikan permohonan izin keimigrasiannya tidak perlu jauh-jauh harus ke gorontalo, cukup diajukan di kabupaten pohuwato. Nah, kami sangat menantikan inovasi ini segera terwujud di kabupaten pohuwato”, ungkap Andry. 

 

Ditambahkan Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Andry Indrady, komitmen dan dukungan bupati pohuwato agar tahun ini juga UKK bisa berdiri di pohuwato sangat didukung penuh dan kami berterima kasih atas dukungan dan keseriusan bupati pohuwato. 

 

“Kami pun berharap dari diskusi hari ini, nanti ada diskusi berikutnya. Kami tentunya akan terus berkoordinasi dengan pak sekda. Insyaallah dalam waktu dekat atau di tahun ini akan terwujud UKK di pohuwato sebagaimana harapan pak bupati. Kami pun siap dan mendukung karena ini menjadi prioritas nasional, dan kami lihat kalau pohuwato ini bisa ada UKK insyaallah nanti bisa lebih sejahtera lagi dan investasi lebih banyak yang masuk”, pungkas Andry. 

 

Kaitan dengan hal itu, Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga menyambut baik dan mendukung penuh pembangunan UKK. 

 

“Kalau persoalan tempat kami siap, pemda sangat mendukung penuh, karena ini sangat dibutuhkan terutama untuk pengurusan paspor berupa banyaknya masyarakat dari pohuwato yang melakukan umrah, sehingga keberadaan UKK memudahkan masyarakat kami”, jelasnya.


Selain itu kata Bupati Saipul, aspek lain berupa investasi yang terus bertambah dan bandara yang akan beroperasi tahun depan makin meyakinkan pohuwato untuk adanya UKK. 

 

“Kami berharap bagaimana UKK ini bisa dibangun dan diresmikan pada tahun ini juga. Kami sangat membutuhkannya dalam memudahkan masyarakat kami yang mengurus kartu keimigrasian terutama jemaah umrah yang setiap hari bertambah”, pungkas Bupati Saipul. (Prokopim)

Alamat

Jln. Moh. Thamrin, Blok Plan Perkantoran Marisa. Ds Palopo, Marisa, Pohuwato, Gorontalo 96265

+012 345 67890

info@email.com

Newsletter

Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik

© DISKOMINFO-ST. All Rights Reserved. 2022