25 Januari 2023 98 dilihat

Pemerintah Jayapura Studi Banding di Kabupaten Pohuwato

Image

DISKOMINFO-ST – Berbagai perubahan telah ditunjukkan oleh pemda kabupaten pohuwato dibawah kepemimpinan Bupati Saipul A Mbuinga dan Wakil Bupati, Suharsi Igirisa. Misalnya, terkait penggunaan sistem keuangan melalui pemanfaatan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dan Financial Management Information System (FMIS) untuk tahun 2023. 


Atas penggunaan aplikasi tersebut, Pemerintah Kota Jayapura melakukan studi banding di kabupaten pohuwato yang diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Pohuwato, Iskandar Datau dan didampingi Asisten Pemkesra, Arman Mohamad, Asisten Perekonomian, Fikri Adam, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD), Fitriani H Lasantu, dan Sekretaris BPKPD, Suhartono Hulawa di ruang pola kantor bupati, Selasa, (24/01/2023).


Atas nama pemerintah daerah, Sekda Pohuwato Iskandar Datau memberikan apresiasi juga penghargaan atas kunjungan dari Pemkot Jayapura yang melakukan studi banding. 


"Selamat datang di bumi panua pohuwato, semoga dengan kunjungan silaturahmi ini kita sama-sama dapat berdiskusi dan bertukar pikiran kaitan dengan pengelolaan keuangan. Sekali lagi terima kasih telah memilih daerah kami", kata sekda.


Dijelaskan Sekda Iskandar Datau, meski SIPD hingga saat ini belum bisa dianggarkan secara full, sehingga pengelolaannya pun masih jalan bersama antara SIPD dan FMIS. Kedua-duanya sampai di SP2D, penatausahaannya masih sama, karena sangat terkait dengan diakhir pelaksanaan yaitu dalam kaitan laporan keuangan. 


"Alhamdulillah, ada beberapa capaian yang kami peroleh khususnya di bidang keuangan diantaranya kami sudah 9 kali WTP dengan SIMDA di bawah pendampingan BPKP. Kedepan semoga hal ini bisa kami pertahankan untuk pelaporan keuangan yang lebih baik", ujar Sekda Iskandar Datau.


Sementara itu, Penjabat Sekkot Jayapura, Provinsi Papua, Robi Kepal Awi pada kesempatan itu memberikan perhatian khusus dan salut terhadap pengelolaan keuangan di kabupaten pohuwato yang dinilainya patut untuk di contoh. 


"Ia, atas nama pemerintah daerah kota jayapura, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah kabupaten pohuwato yang telah menerima kunjungan ini, dan semoga kedepan pemda pohuwato bisa berkunjung pula ke daerah kami”, ucapnya.


Lanjut Robi Kepal Awi, studi lapangan seperti ini amatlah perlu dilakukan, karena dapat memberikan kontribusi maupun nilai tambah bagi Pemkot Jayapura itu sendiri. Mengingat, pemkab pohuwato dalam hal ini BPKPD pada tahun anggaran 2022-2023 melakukan proses penatausahaan pada dua aplikasi yaitu SIPD dan FMIS. 

 

“Tentu tujuannya agar kami dapat lebih dekat mengamati dan menjaring proses penatausahaan yang dilakukan pada dua aplikasi tersebut, khususnya penatausahaan aplikasi SIPD dan FMIS", ungkap Sekda Jayapura itu. (Sc Hms.Iwan.K)

Alamat

Jln. Moh. Thamrin, Blok Plan Perkantoran Marisa. Ds Palopo, Marisa, Pohuwato, Gorontalo 96265

+012 345 67890

info@email.com

Newsletter

Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik

© DISKOMINFO-ST. All Rights Reserved. 2022