24 Januari 2023 103 dilihat

Bupati Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota PPS Pohuwato

Image

DISKOMINFO-ST – Anggota PPS sebagai garda terdepan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi seluruh tahapan pemilu di tingkat desa dan kelurahan dituntut dalam bekerja menjunjung tinggi moralitas dan integritas, bertugas secara independen dan berpihak bagi kepentingan tegaknya demokrasi dan kedaulatan rakyat. 

 

Demikian disampaikan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga ketika menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-kabupaten pohuwato pemilihan umum serentak tahun 2024 di aula universitas pohuwato (Unipo), Selasa, (24/01/2023). 

 

Lanjut bupati, salah satu kewajiban dari PPS adalah membantu KPU Kabupaten dan PPK dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara, daftar pemilih hasil perbaikan, dan daftar pemilih tetap. Selain itu berkewajiban pula untuk mengamankan  kotak suara setelah perhitungan suara dan setelah surat suara di segel termasuk juga berkewajiban menindaklanjuti dengan segera temuan dan laporan panwaslu desa. 

 

“Tugas ini tidak mudah dan ringan, untuk itu kami selaku pemerintah daerah memberikan kepercayaan dan tanggung jawab ini dipundak saudara-saudari untuk dilaksanakan dengan baik guna menghasilkan penyelenggaraan pemilu yang bermartabat. Saya yakin dan percaya saudara-saudari Anggota PPS yang hari ini telah resmi diambil sumpah dan janjinya adalah mereka yang mampu dan cakap dalam mengemban tugas, karena telah dihasilkan melalui tahapan seleksi yang ketat dengan persyaratan yang khusus”, jelas bupati.

 

Terakhir, melalui kesempatan yang baik ini, Bupati Saipul Mbuinga menaruh harapan kepada seluruh Anggota PPS yang baru saja dilantik untuk dapat bekerja secara sunguh-sungguh dilandasi dengan semangat pengabdian yang tinggi dan tata kerja yang profesional yang berpedoman pada aturan guna menghasilkan tahapan demi tahapan penyelenggaran pemilu yang lancar dan berkualitas. 

 

Momentun waktu yang masih tersisa harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kapasitas teknis persiapan pemilu, memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada, mengatasi kendala dengan berbekal pengalaman kita dalam menyelenggarakan pemilu sebelumnya. 

 

“Ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran KPU baik KPU Provinsi Gorontalo dan KPU Kabupaten Pohuwato atas dukungan dan kerjasamanya kepada pemerintah daerah, sehingga seluruh tahapan awal pemilu berjalan lancar, aman dan sukses sesuai jadwal dan waktu yang telah ditetapkan secara nasional”, pungkas Bupati Saipul.

 

Sementara itu Ketua KPU Pohuwato, Rinto W Ali dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan 312 PPS tersebut merupakan kepentingan pemilu yang akan datang khususnya di kecamatan. 

 

“Saya kira ini bukti nyata dari komitmen pemerintah dalam rangka memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan proses demokrasi yang ada di kabupaten pohuwato,”ujarnya. (Sc Hms.Iwan.K)

Alamat

Jln. Moh. Thamrin, Blok Plan Perkantoran Marisa. Ds Palopo, Marisa, Pohuwato, Gorontalo 96265

+012 345 67890

info@email.com

Newsletter

Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik

© DISKOMINFO-ST. All Rights Reserved. 2022