21 Januari 2023 83 dilihat

Dimulai dari Kabupaten Pohuwato, Pemerintah Provinsi Gorontalo Gelar Kirab Bendera Pusaka Merah Putih

Image

DISKOMINFO-ST – Menjelang peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942 yang ke- 81, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menggelar Kirab Bendera Pusaka Merah-Putih yang dimulai dari Kabupaten Pohuwato, Sabtu (21/01/2023).

 

Kirab tersebut diikuti oleh beberapa peserta berasal dari unsur KNPI, Pemuda Pancasila, BKPRMI, Anggota Paskibraka, Kwarcab Pramuka, Karang Taruna, Tagana, hingga Satpol PP di halaman kantor bupati.

 

Bendera merah putih diserahkan perwakilan paskibraka kepada Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa yang selanjutnya penyerahan bendera tersebut kepada Ketua KNPI Pohuwato, Fahmi Mopangga dan diserahkan kepada Ketua Pemuda Pancasila, Rahmat Mohamad.

 

Wabup Suharsi mengatakan bahwa bendera yang diserahkan tersebut merupakan bendera pertama yang menjadi tonggak sejarah Gorontalo dan dikibarkan pada tanggal 23 Januari 1942 yang tentunya ini menjadi kebanggaan kita di Provinsi Gorontalo.

 

Selaku pemerintah daerah, Wbup Suharsi Igirisa menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan kirab bendera pusaka merah putih ini. 

 

Hal itu membuktikan bahwa di zaman sekarang masih banyak juga anak muda yang menghargai sejarah bangsanya, khususnya kepada para pemuda-pemuda yang hari ini sebagai garda terdepan dalam mengawal bendera pusaka ini. 

 

"Ini sebagai wujud nasionalisme kita, bagaimana kita mengisi kemerdekaan yang telah diproklamirkan oleh para pendahulu-pendahulu kita, khususnya tokoh pejuang kita Nani Wartabone. Olehnya, saya ingin berterima kasih kepada kita semua bahwa kirab bendera ini sebagai bentuk penghargaan kita kepada beliau dan semua yang sudah berjuang untuk Gorontalo", ungkapnya.

 

Selanjutnya bendera pusaka diarak menuju ke wilayah perbatasan Pohuwato - Boalemo yang kemudian diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Boalemo. (Sc Hms.Iwan.K)

Alamat

Jln. Moh. Thamrin, Blok Plan Perkantoran Marisa. Ds Palopo, Marisa, Pohuwato, Gorontalo 96265

+012 345 67890

info@email.com

Newsletter

Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik

© DISKOMINFO-ST. All Rights Reserved. 2022