98x Kali Dilihat   Rabu, 13 Februari 2019

By: Admin

Sekda Pohuwato Hadiri Rakornas Pemantapan Pemilu Tahun 2019

DISKOMINFO-ST  -  Sekretaris Daerah Djoni Nento, Kepala Badan Kesbangpol bersama para pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pohuwato, Hadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional, Dalam Rangka Pemantapan Menjelang Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 dengan tema "Pilihan Boleh Beda, Persatuan Kesatuan Bangsa Harus Kita Jaga",  bertempat di Ballroom Hotel Claro Jl. A.Petarani Makassar Sulawesi Selatan,Selasa, 12 Februari 2019. 


Diawali dengan sambutan Direktorat Jendral (Ditjen) Kewaspadaan Nasional oleh Sdr. Akbar Ali (selaku ketua Panitia Rakornas), menyampaikan bahwa Acara Rakor ini dihadiri sekitar kurang lebih 1.500 an orang Undangan dan pada Pilkada kemarin dapat berjalan dengan aman dan lancar, suksesnya Pileg dan Pilpres 2019 berpedoman pada penyelenggara pelaksanaan pemilu dan pengamanan sehingga terwujud pemilu yang demokratis dan damai.


“Tujuan rakor ini adalah untuk mewujudkan sinergitas antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan selaku pemangku kepentingan pemiludalam menjalankan tugasnya sehingga tercipta iklim demokrasi yang damai  serta untuk mengoptimalkan kesiapsiagaan seluruh pemangku kepentingan Pemilu dalam menghadapi Pemilu serentak tahun 2019”, ungkap Ditjen Akbar Ali diakhir sambutannya.


Dilanjutkan dengan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Direktur Jendral Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri Soedarmo mengungkapkan, bahwa kegiatan ini sebagai kegiatan finalisasi dan melalui kegiatan ini Pemerintah memastikan kesiapan dari steckholder sebagai pemantau kepentingan yang terkait dengan pemilu serentak.


Lanjut Dirjen Polpum Soedarmo “Guna diadakannya kegiatan ini untuk menyatukan masyarakat, menyamakan persepsi kemudian persepsinya akan ditampung serta akan di akumulasi di berbagai persoalan yang masih ada terkhusus di penyelenggara bagi aparat keamanan, KPU dan Bawaslu termsuk peran Pemerintah Daerah, Provinsi dan Kabupaten/Kota”.


“Pileg dan pilpres bukan tanggung jawab dari penyelenggara tetapi kewajiban semua termasuk pemangku kepentingan pemilu dan berharap dalam persiapan dan kesiapsiagaan pada tanggal 17 april akan datang kita berharap sudah siap dan kalau masih ada hal hal yang perlu dikoordinasikan dan diselesaikan hari ini juga”, tegas Soedarmo. (TIP)